Jumat, 27 Juli 2012

DASAR MLM


Perbedaan Komponen Harga Pada Bisnis Retail dgn MLM...


RETAIL/KONVENSIONAL                                                      MLM

PABRIK                 PRODUK                                      PABRIK              PRODUK
- BIAYA PRODUKSI                                                  - BIAYA PRODUKSI
- ADMINISTRASI                                                      - ADMINISTRASI
- BUNGA BANK                                                          - BUNGA BANK
- KEUNTUNGAN                                                       - KEUNTUNGAN

TOTAL Rp.2500                                                        TOTAL Rp.2500

- DISTRIBUSI                                                              PERUSAHAAN MLM
- PROMOSI                                                                   - MEMBER
-UNDIAN HADIAH

TOTAL Rp.2500                                                          TOTAL Rp.2500

USER/PEMAKAI                                                         USER/PEMAKAI
Rp.5000                                                                         Rp.5000


MLM ( MultiLevel Marketing ) merupakan sebuah konsep bisnis dengan sistem efisiensi pada jalur distribusi dan promosi seperti keterangan di atas. Keuntungan dari pemangkasan jalur distribusi dan promosi pada bagian kiri bisnis konvensional akan menjadi keuntungan perusahaan MLM dan bagi member yang mengkonsumsi ataupun memakai produk, sekaligus jg mempromosikan dan mendistribusikan produk, akan memperoleh bonus-bonus sesuai dengan sistem yang telah di tetapkan oleh perusahaan MLM.


Meskipun bisnis MLM termasuk bagian dari direct selling (penjualan langsung), sebetulnya industri MLM dapat di katakan berdiri sendiri karena adanya beberaqpa perbedaan mendasar antara bisnis retail dengan bisnis MLM, baik dalam arti cara pemasaran maupun sistem distribusi produk serta pembagian keuntungan.


Dari gambaran di atas dapat di ambil beberapa kesimpulan tentang bisnis retail dengan bisnis MLM :

  1. Distribusi dan promosi produk pada bisnis retail akan digantikan oleh perusahaan MLM dan pada member pada bisnis MLM.
  2. Harga produk sampai ke tangan konsumen pada bisnis retail dan pada bisnis MLM haruslah sama.
  3. Perusahaan MLM tidak harus memiliki pabrik.
  4. Biaya promosi dan biaya distribusi pada bisnis retail akan menjadi keuntungan perusahaan MLM dan bonus bonus member
  5. Besar kecilnya bonus member di atur oleh perusahaan MLM di rencana pengembangan usaha ( MARKETING PLAN ).
  6. Member MLM bertugas sebagai EKSEKUTOR dengan tugas :

  • sebagai konsumen atau pemakai produk
  • mempromosikan produk
  • mengajarkan orang agar mampu mempromosikan juga


Ciri-ciri MLM yang baik dan benar :
  1. Perusahaan memiliki surat izin SIUPL (surat izin usaha penjualan langsung). Jangan pernah bergabung yang tidak memiliki surat izin karena tidak ada pertanggung jawaban dari pemerintah ( ilegal ).
  2. Perusahaan harus memiliki izin produk. Jika produk perusahaan MLM adalah produk kesehatan harus memilki izin dari BADAN POM sebagai jaminan dari pemerintah.
  3. Perusahaan MLM yang menjual produk dengan harga yang realistis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar